SELAMAT DATANG DI POJOK INFORMASI

HEADLINE NEWS

8 Juni 2011

MAGANG SAMBIL NGISI LIBURAN

Tidak ada salahnya jika masa libur panjang kita isi dengan magang. Entah itu magang di kantor atau hanya menjadi pekerja paruh waktu di toserba.

Meski tidak semua perusahaan membayar pegawai magangnya, kita tetap akan mendapatkan pengalaman. Pengalaman itulah yang dapat memperkaya kemampuan kita ketika akan melamar pekerjaan yang sesungguhnya.

Berikut adalah empat hal yang membuat bekerja magang menjadi berharga:

1. Perluas dan perkuat jaringan
Kiat ini bisa jadi yang paling penting. Meski kamu 'hanya' bekerja sebagai pekerja paruh waktu di sebuah toko, jangan remehkan hubungan pertemanan dan prosefional dengan rekan kerjamu. Kamu tidak akan pernah tahu siapa yang mungkin memiliki koneksi atau membantumu terhubung dengan bidang pekerjaan incaranmu jika tidak membuka jaringan.

Hal penting lainnya adalah belajar untuk membangun hubungan dengan orang-orang di sekitarmu. Kemampuanmu dalam jejaring sosial akan mendukung kesuksesanmu di masa depan.

2. Ciptakan prestasi kerja
Meski kamu bekerja paruh waktu di bidang yang tidak sesuai latar belakangmu, bukan berarti kamu tidak bisa mengukir prestasi. Bekerjalah sepenuh hati dan buktikan bahwa kamu pekerja yang ramah kepada pelanggan, tepat waktu, efektif dan efisien. Resume baik dari tempat magangmu akan menjadi nilai lebih dalam curriculum vitaemu (CV).

3. Jadi inovatif dan tinggalkan kesan baik
Bisa jadi pekerjaan paruh waktumu ketika liburan sangat monoton. Misalnya kamu bekerja di toko pakaian, setiap hari kamu hanya berurusan melipat baju atau membersihkan lantai. Mengapa kamu tidak memecah rutinitas tersebut dan memberi sorotan pada dirimu sendiri? Kamu bisa melakukannya dengan memberi kritik membangun dan saran untuk meningkatkan efektivitas tempat kerjamu.

Menunjukkan antusiasme dan inovasi meski di situasi kerja paling buruk sekalipun, tidak hanya akan meningkatkan 'nilai'mu di mata atasanmu, tapi mungkin juga membuat suasana hatimu lebih menyenangkan dalam bekerja. Meskipun kamu tidak melihat kesempatan untuk berkembang dan maju, setidaknya kamu bisa menawarkan diri untuk mengambil lebih banyak tanggung jawab dari yang biasanya kamu pegang.

Dengan begitu, kamu tidak akan mudah bosan. Yang lebih penting, kamu akan membuat kesan yang lebih baik pada atasanmu melalui tekadmu melampaui target kerjamu.

4. Belajar banyak hal baru
Dalam setiap pekerjaan remeh pasti ada sesuatu yang bisa kamu ambil sebagai pelajaran. Pelajarilah setidaknya satu keahlian baru!

Pada akhirnya, kamu bisa menggunakan berbagai pengalaman kerja magangmu untuk mengembangkan kemampuan dirimu secara keseluruhan. Seru kan?

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More